Monday, August 27, 2007

Madu Lebah

Lebah, apa yang terbayang dibenak kita? binatang yang bisa menyengat yang berbahaya..... itu kutipan dari sebuah buku tentang terapi lebah yang pernah kami baca. Tertarik dengan Terapi tersebut kami menelusuri apa sih sebenarnya terapi lebah tersebut, hingga pada bagian dalam kami menemukan dunia lain dalam kehidupan ini, dunia Lebah Madu.

Lebah madu merupakan koloni yang solid dengan tugas/fungsinya. Dalam koloni ini ada kelompok lebah betina pekerja yang tugasnya terbang ber mil-mil dari sarangnya untuk mengumpulkan nettar (pollens) untuk bahan makanannya, mereka terbang ber mil-mil untuk mengumpulkannya dan kembali lagi ke sarang. Sebelum masuk kesarang lebah tersebut di sterilisasi dari kuman maupun virus yang menempel pada badan mereka dengan menggunakan anti biotik yang dibuat dari getah dari pohon pinus yang disekresikan dengan air liur lebah yang dikenal dengan nama Propolis, selanjunya baru mereka masuk kedalam sarang lebah.Hal ini dilakukan untuk menghindarkan sarang dan telur-telur lebah dari serangan virus ataupun bakteri. Koloni berikut adalah koloni Ratu Lebah, ratu lebah merupakan lebah betina memiliki ukuran yang lebih besar dari koloni lebah yang lain, tugasnya hanya satu bertelur. Ratu lebah memiliki kesuburan yang tinggi, Ratu lebah sangup bertelur sebanyak 2000 telur per hari. koloni terakhir adalah koloni pejantan. Koloni ini memiliki tugas yang sangat berat yang harus mempertaruhkan jiwanya yaitu mengawini ratu lebah, selesai mengawini ratu lebah langsung mati.

itu sekelumit inti dari buku yang kami baca, lain kali akan kami ceritakan lagi tentang lebah ini, sebagai kajian, karena ternyata selain sengatannya ada cerita lain dari lebah pekerja ini.

No comments: