Friday, August 31, 2007

Mutu Madu Lebah yang Membingungkan

Mutu Madu Lebah yang Membingungkan oleh kompas online dalam bahasan dimana kita memasng sering kali tidak mengerti (tidak mau ngerti) mana madu yang memiliki kualitas baik dan tidak. dari kajian pustaka, madu yang baik atau bisa dikatakan baik adalah madu yang memiliki kadar air kurang dari 19% dan tidak ada proses pengolahan lebih lanjut (madu murni).

Madu lebah yang dihasilkan sangat tergantung pada lingkungan, madu lebah Indonesia akan beda dengan madu lebah dari eropa ataupun afrika. Indonesia beriklim tropis yang curah hujannya bisa dibilang tinggi bisa mengakibatkan kadar air dalam madu lebah akan meningkat. Disini saya tidak menyalahkan Iklim, tapi perlu kita pertimbangkan apakah standard tersebut tidak bisa kita kaji ulang?

Selain kadar air dalam madu lebah, yang perlu diperhatikan juga adalah pengemasannya. terkadang kita mengabaikan hal tersebut, yang tanpa sadari dapat menurunkan kualitas madu lebah itu sendiri. Hal lain yang tidak kalah pentingnya adalah teknik penyimpanan. madu sebaiknya disimpan ditempat yang sejuk (tepatnya di kulkas) dan hindarkan dari sinar matahari langsung, niscaya madu lebah kita kualitasnya tetap terjaga.

Terkadang produk yang ditawarkan kadar madunya sangat rendah, 70% air berbanding 30% madu, tujuannya hanya satu ingin mendapat untung sebesar-besarnya dengan produksi biaya sekecil-kecilnya (prinsip ekonomi waktu jaman smp),. Kita sebagai konsumen setidaknya tau mana madu yang baik dan tidak.

Sedikit tips untuk memilih madu lebah yang baik

  1. ketika botol dibuka tidak ada letupan gas seperti pada soft drink
  2. Uji madu lebah dengan cara menuangkan sedikit madu lebah ke dalam piring yang serisi air, kemudian aduk madu dalam air tersebut, tunggu sesaat madu lebah yang baik akan membentuk hexa diagonal (seperti sarangnya madu lebah)

Nah itu sedikit tips untuk madu lebah semoga bermanfaat.

Maju terus Perlebahan Indonesia

No comments: